12 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui

12 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui

Tanpa kita sadari, beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata ada yang bisa membahayakan kesehatan ginjal. Apa saja kebiasaan tersebut? Disini kami akan memberikan informasi mengenai 12 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui oleh anda agar anda bisa menghindari terjadinya penyakit gagal ginjal.

12 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia, sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Ginjal yang tidak berfugsi dengan baik bisa menyebabkan terjadinya berbagai masalah kesehatan yang serius, salah satunya yaitu gagal ginjal. Terlambat menyadari gagal ginjal bisa menyebabkan seseorang harus rutin dalam melakukan cuci darah untuk bertahan hidup bahkan harus melakukan cangkok ginjal.

Baca Juga : 7 Ciri-Ciri atau Gejala Utama Penyakit Gagal Ginjal

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal, salah satunya yaitu dengan cara menghentikan beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal.

Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Ginjal

Berikut ini ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa anda sadari bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal, diantaranya yaitu :

1. Sering Menunda Buang Air Kecil

Terlalu sering menunda atau menahan buang air kecil bisa mengakibatkan fungsi ginjal menjadi terganggu dan menyebabkan penderitanya mengalami ketidakmampuan untuk menahan desakan air kecil dan bahkan bisa meningkatkan tekanan yang bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal atau batu ginjal.

2. Kurang Minum Air Putih

Tidak minum air putih dalam waktu yang cukup lama bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada ginjal. Hal ini karena limbah dan toksin yang seharusnya dieliminasi dari tubuh akan mulai menumpuk, sehingga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal, salah satunya gagal ginjal.

3. Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan

Mengkonsumsi gula secara berlebihan Tidak hanya menjadi penyebab diabetes atau kadar gula darah naik saja, melainkan bisa juga meningkatkan terjadinya penyakit gagal ginjal.

4. Mengkonsumsi Garam Secera Berlebihan

Kelebihan kadar sodium di dalam tubuh juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal. Dimana hal ini bisa menyebabkan tekanan pada organ menjadi ekstra dan menaikan tekanan darah. Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

5. Kurang Tidur

Ketika anda kekurangan tidur maka tubuh juga akan kekurangan istirahat yang artinya semua organ dalam keadaan aktif dan bekerja maksimal. Padahal seriap orang membutuhkan tidur 6 hingga 8 jam setiap harinya. Selama tidur, tubuh akan melakukan banyak pekerjaan dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada beberapa organ, termasuk ginjal.

6. Kurang Berolahraga

Aktifitas fisik yang kurang juga tenyata bisa menjadi peningkat resiko gagal ginjal, jadi untuk memberikan perlindungan pada ginjal sebaiknya anda melakukan olahraga ringan secara teratur seperti berjalan kaki, jongging, berenang, bersepeda atau peregangan setiap hari.

Melakukan olahraga secara teratur ini mampu membantu membuang racun dan mengatur keseimbangan cairan di seluruh sistem dengan meningkatkan metabolisme dan kekuatan.

7. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Kebanyakan fungsi ginjal tergantung pada makanan yang dikonsumsinya. Apabila tubuh kekuarangan vitamin dan mineral seperti magnesium dan vitamin B6, maka tubuh tidak akan berfungsi dengan baik, sehingga bisa menyebabkan meningkatnya resiko penyakit gagal ginjal.

8. Merokok

Pada umumnya, merokok dikaitkan dengan kerusakan paru-paru atau jantung secara langsung, namun juga berdampak pada kesehatan ginjal. Hal ini karena merokok dapat menyebabkan banyak protein dalam urine, yang merupakan peringatan untuk kesehatan ginjal Anda.

9. Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kopi ini memiliki kandungan kafein yang bisa menyebabkan ginjal menjadi strs dan menaikkan kadar tekanan darah. Sehingga mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal, salah satunya gagal ginjal.

10. Minum Teh Secara Berlebihan

Sama halnya dengan kopi, teh juga merupakan sejenis minuman yang berkafein ringgi, dimana apabila kita mengkonsumsinya secara berlebihan bisa meningkatkan resiko berbagai jenis penyakit tak terkecuali dengan penyakit gagal ginjal.

11. Minum Minuman Bersoda Secara Berlebihan

Kebiasaan minum minuman yang bersoda bisa merusak fungsi ginjal, dimana ginjal tak mampu lagi untuk melakukan penyerapan nutrisi apalagi menyaringnya dengan lancar.

12. Mengkonsumsi Protein Hewani Secara Berlebihan

Sering mengkonsumsi protein hewani seperti daging merah secara berlebihan bisa meningkatkan beban metabolik pada ginjal. Gnjal harus bekerja lebih keras ketika asupan protein yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak.

Kebiasaan-kebiasaan penyebab gagal ginjal yang telah disebutkan diatas adalah yang paling kerap dilakukan dan paling dianggap wajar. Kurang asupan air putih adalah kebiasaan paling buruk bagi kesehatan ginjal, jadi mulailah untuk menjalani hidup sehat mulai dari sekarang.

Selain itu, untuk anda yang ingin merawat kesehatan ginjal atau yang sedang mengalami masalah ginjal seperti penyakit gagal ginjal, dianjurkan untuk mengkonsumsi OBAT GAGAL GINJAL yang tepat dan alangkah baiknya jika itu terbuat dari bahan herbal alami.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai 12 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui agar anda bisa melakukan pencegahan terjadinya penyakit gagal ginjal.

Terimakasih Atas Kunjungannya …

12 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Hindari Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal Kronis
  2. Waspada Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas Pemicu Gagal Ginjal
  3. Cara Mengatasi Kaki Bengkak Penderita Gagal Ginjal Kronis
  4. Waspada Bahaya Gagal Ginjal Kronis Paling Mematikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*