6 Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal Perlu Diwaspadai

Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal Perlu Diwaspadai

Mengidap penyakit gagal ginjal ? Ingat jangan langsung melakukan cuci darah, hal ini karena efek dari cuci darah akan lebih bebahaya dari gagal ginjal itu sendiri. Penyakit komplikasi setelah melakukan cuci darah akan menyerang anda seumur hidup. Maka dari itu sebelum anda melakukan cuci darah, sebaiknya anda ketahui Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai terlebih dahulu.

Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal Perlu Diwaspadai

Cuci darah merupakan salah satu metode perawatan pada penderita gagal ginjal. Metode perawatan ini banyak dilakukan olah banyak orang dan rata-rata oleh mereka yang mengalami tingkat stress yang tinggi karena menganggap harapan hidup mereka sudah pasti sangat rendah.

Meski begitu, bukan berarti melakukan cuci darah tidak memiliki manfaat apapun. Anda akan tetap mendapatkan beberapa manfaat yang baik untuk diri anda. Namun apabila dilakukan dengan sikap yang keliru sehingg cuci darah akan mendapatkan dampak buruk yang seharusnya anda ketahui sejak awal agar anda bisa mempersiapkan semuanya dengan baik.

Lantas, Apa Saja Efek Samping dari Cuci Darah Yang Bisa Dialami Oelh Penderita Gagal Ginjal ?

Berikut ini ada Beberapa efek samping cuci darah yang bisa terjadi, diantaranya :

1. Tekanan darah terlalu rendah atau tinggi

Efek samping cuci darah yang paling umum terjadi yaitu penurunan tekanan darah yang bisa menimbulkan gejala berupa sesak nafas, kram perut, kram otot, mual dan muntah.

Atau bahkan tekanan darah yang terlalu tinggi yang disertai denga riwayat hipertensi yang masih mengonsumsi garam secara berlabihan.

2. Sakit pada tulang dan persendian

Efek samping yang berikutnya dari cuci darah yaitu Sakit pada tulang dan persendian, hal ini terjadi akibat kekurangan cairan pada tubuh penderita gagal ginjal.

Ras asakit tersebut bisa membuat pasien cuci darah mengalami kelelahan sehingga sebisa mungkin cairan pada tubuh harus diganti atau mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita gagal ginjal.

3. Infeksi Bakteri Staphylococcal

Bakteri Staphylococcal merupakan salah satu jenis bakteri yang mungkin dapat menginfeksi dan berkembang dalam proses cuci darah ini. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada bagan kulit, seperti kulit yang terasa tebakar.

4. Kondisi fisik yang menjadi melemah

Kondisi fisik yang menjadi lemah merupakan salah satu efek samping yang bisa ditimbulkan dari proses cuci darah.

Hal ini terjadi akibat asupan nutrisi yang sedikit karena banyaknya pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi, sehingga tubuh akan terasa lemas dan akan sangat mengganggu aktifitas anda.

5. Stress dan Rasa Cemas

Tidak hanya kondisi fisik yang menurun sebagai akibat dari proses cuci darah, namun juga kondisi mental dari pasien akan ikut turun.

Hal ini disebabkan oleh, selain asupan nutrisi yang cukup, pasien juga memiliki kecemasan dan khawatir dengan kondisi tubuhnya sendiri, sehingga akan menimbulkan stress, yang tentunya akan sangat mengganggu kondisi mental dari pasien.

6. Insomnia

Insomnia atau kesulitan untuk tidur merupakan salah satu efek samping yang bisa terjadi akibat melakukan cuci darah. Terjadinya kondisi ini bisa disebabkan karena stress dan rasa cemas.

Itulah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan karena proses cuci darah yang dilakukan oleh pasien gagal ginjal. Solusi terbaik untuk mengobati penyakit gagal ginjal yang sudah kronis adalah melakukan pencangkokan ginjal.

Namun demikian, tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?? anda harus merubah pola hidup anda menjadi gaya hidup sehat, agar terhindar dari berbagai macam masalah penyakit seperti gagal ginjal.

Baca Juga : OBAT GAGAL GINJAL KRONIS ALAMI

Semoga Bermanfaat …

Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal Perlu Diwaspadai

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Efek Samping Donor Ginjal Pada Gagal Ginjal yang Perlu di Waspadai
  2. Penderita Gagal Ginjal Sebaiknya Jangan Melakukan Cuci Darah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*