Efek Samping Donor Ginjal Pada Gagal Ginjal yang Perlu di Waspadai

Bagi anda yang saat ini ingin melakukan donor ginjal, sebelumnya anda perlu mengetahui Efek Samping Donor Ginjal Pada Gagal Ginjal yang perlu di waspadai, agar anda tidak menyesalinya setelah melakukan donor ginjal.

Efek Samping Donor Ginjal Pada Gagal Ginjal yang Perlu di Waspadai

Efek Samping Donor Ginjal

Dalam melakukan penanganan penyakit ginjal terutama gagal ginjal tentunya akan dilakukan dengan bebagai cara yang berbeda tergantung dari tingkat keparahannya.

Dalam melakukan pengobatannya bisa dengan mengkonsumsi obat-obatan, pencangkokan ginjal, pembedahan, transfusi darah, transplantasi dan berbagai terapi lainya. Apabila ginjal seseorang tidak berfungsi, maka penderitanya perlu melakukan pergantian ginjal atau bisa dusebut juga dengan donor ginjal.

Baca : Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal

Donor ginjal merupakan salah sau solusi untuk membantu mengatasi penderita penyakit gagal ginjal. Namun melakukan donor ginjal ini bukanlah tanpa efek samping. Meski bisa menyelamatkan penderita penyakit gagal ginjal. Namun melakukan donor ginjal bisa menyebabkan timbulnya berbagai efek samping untuk pendonor dan penerimanya.

Efek Samping Donor Ginjal

Pada dasarnya seseorang yang mendonorkan ginjalnya masih bisa melakukan aktivitas sehari-harinya dan masih bisa bertahan hidup meski hanya mempunyai satu ginjal. Namun tetap saja bisa menimbulkan efek samping, dimana efek samping tersebut bisa berupa :

  •  Tekanan Darah Tinggi

Bagi pendonor ginjal memiliki resiko tinggi untuk mengalami tekanan darah tinggi atau dalam istilah medisnya disebut dengan hipertensi. Dimana kondisi ini terjadi karena salah satu fungsi ginjal untuk menyaring daran yang bisa melibatkan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Sehingga ketika seseorang hanya memiliki 1 ginjal nisa mengakibatkan terjadinya penumpukan yang membuat kerja jantung menjadi keras dan darah pun akan ikut naik.

  • Kerusakan saraf

Saraf merupakan sistem terpenting dalam tubuh, karena mampu mengatur jalanya fungsi anggota tubuh. Namun apabila salah satu organ mengalami masalah maka saraf akan berisiko tinggi mengalami masalah juga. Sehingga efek samping yang paling berbahaya dari donor ginjal salah satunya yaitu berkaitan dengan kerusakan saraf.

  • Tubuh menjadi mudah lemas

Efek samping lainya yang mungkin bisa terjadi bagi pendonor ginjal adalah musah merasa lemas dan lelah. Maka dari itu, bagi para pendonor ginjal ada baiknya untuk selalu menjaga diri dari aktivitas yang terlalu berat.

Dan untuk menghindari berbagai efek samping tersebut, anda perlu melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memantau kesehatan tubuh anda dan kesehatan organ ginjal yang hanya tinggal satu.

Itulah Efek Samping Donor Ginjal Pada Gagal Ginjal yang Perlu di Waspadai yang bisa kami sampaikan untuk anda. semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Efek Samping Donor Ginjal Pada Gagal Ginjal yang Perlu di Waspadai

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*