Penderita Gagal Ginjal Sebaiknya Jangan Melakukan Cuci Darah

Penderita gagal ginjal sebaiknya jangan melakukan cuci darah, hal ini dikarenakan efek dari cuci darah akan lebih berbahaya dari penyakit gagal ginjal itu sendiri.

Komplikasi yang ditimbulkan setelah melakuka cuci darah bisa menyerang anda seumur hidup, dan bahkan bisa jadi kematian hanya tinggal menunggu hari saja.

Maka dari itu, anda benar benar perlu mengetahui tentang penderita gagal ginjal yang sebaiknya jangan melakukan cuci darah.

Penderita Gagal Ginjal Sebaiknya Jangan Melakukan Cuci Darah

Seseorang yang divonis dokter mengidap penyakit gagal ginjal, akan langsung ambil tindakan cuci darah seminggu 2 kali. Meski umum terjadi, namun tindakan ini sangat kurang tepat.

Hal ini dikarenakan cuci darah tidak mengobati penyakit gagal ginjal, melainkan bisa menyebabkan penderitanya mengalami komplikasi seperti :

  • Stroke ringan,
  • Jantung membengkak,
  • Cairan menumpuk di paru paru,
  • Badan menjadi kurus kering,
  • Tubuh menjadi mudah lelah.,
  • Hilangnya fungsi ginjal,
  • Stres yang berkepanjangan
  • Tekanan darah menjadi rendah,
  • Sering pusing,
  • Suhu badan tinggi

Tidak hanya itu saja, dalam melakukan cuci darah untuk penderita gagal ginjal juga bisa menimbulkan dampak seperti kram otot, kulit gatal, tulang dan sendi terasa nyeri dan mulut kering.

Biaya Cuci Darah Untuk Penderita Gagal Ginjal

Selain bisa menimbulkan komplikasi gagal ginjal yang bisa terjadi seumur hidup, melakukan cuci darah juga memerlukan biaya yang cukup besar. Dimana untuk1 kali cuci darah adalah sebsar RP 850.000.

Sedangkan untuk mereka yang mengidap penyakit gagal ginjal stadium 5 perlu memerlukan cuci darah hingga 8 kali dalam sebulan dan menghabiskan Rp 6.8000.000.

Mengingat gejala dari penyakit gagal ginjal yang tidak terdeteksi, maka untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, sebaiknya anda perlu melakukan pemeriksaan secara berkala minimal 1 tahun sekali dengan melakukan rangkaian tes urin, ureum dan kreatinin, gula darah beserta kolesterol.

Kesimpulan : Untuk penderita penyakit gagal ginjal yang masih divonis stadium awal, maka jangan pernah anda mengambil tindakan pengobatanya dengan cara cuci darah.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai penderita gagal ginjal yang sebaiknya jangan melakukan cuci darah yang perlu diketahui. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda.

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini jika anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat dan silahkan berkomentar di kolom yang telah kami sediakan, jika ada yang ingin anda sampaikan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*